"Fuck!" Say I

Because nobody rules over my thoughts. Live with it.

Bloggers for Bangsari

Posted by The Bitch on 10/24/2007 12:30:00 PM

Now or Never
Di suatu tempat bernama Bangsari (secara administratif bernama Bulaksari, kecamatan Bantarsari) di Cilacap ada satu-satunya Madrasah Tsanawiyah Shalafiyah bermuridkan penduduk sekitar yang sebagian besar kurang beruntung dalam hal ekonomi. Sekolah lainnya adalah SD Islam yang amat sangat sederhana, SMU Negeri yang baru berdiri, dan sebuah pondok pesantren. MTs setara SMP ini menampung anak-anak petani sederhana yang penghasilannya seringkali kurang ketimbang cukup. Dan ada empat murid yang resah, akankah pendidikan mereka terhenti hanya sampai SMP karena tidak adanya sarana penunjang?

Beruntung, seorang putra Bangsari berhasil keluar dari sana, bekerja di sebuah institusi elit dan bergelut dengan IT untuk kemudian mewartakan melalui media blog tentang betapa para belia ini haus pendidikan. Anak-anak itu mau berusaha. Mereka nggak malu bekerja untuk bisa terus bersekolah. Tidak genap sebulan setelah program donasi kambing diposting Agustus kemarin, terkumpul uang sebesar 7,5 juta rupiah (dari banyak nama yang hanya kami sapa melalui blog) guna membeli kambing dan membangun kandang bagi anak-anak tersebut. Empat anak SMP ini telah mendapat modal berupa ternak yang akan mereka urus hingga beranak, dan anakannya bisa dijual untuk kemudian uangnya dapat dimanfaatkan untuk keperluan membeli buku dan perlengkapan sekolah. Semua didapat dari info yang hanya diposting di blog, yang kemudian diposting juga oleh rekan-rekan blogger lainnya di blog mereka masing-masing.

Tetapi bukan hanya empat anak ini yang perlu dibantu. Murid yang mendapatkan BOS (Biaya Operasional Sekolah) dari pemerintah lumayan banyak jumlahnya, karenanya masih terjadi kekurangan biaya sebesar 8 ribu rupiah per orang per bulan. Di tambah biaya 2 kali ujian mid semester (20 ribu/ujian) dan dua kali ujian semester (25 ribu/ujian). Total jendral 186 ribu setahun. Belum termasuk biaya seragam, sepatu dan buku (item terakhir biasanya bisa dianggap diabaikan). Melalui dunia paralel bernama internet kami mengajak Mbak, Mas, Dek, Om, Tante, Budhe, Pakdhe, Yang Kung dan Yang Ti untuk urun bantu, bukan hanya blogger. Di desa yang baru menikmati listrik tahun 95 ini ada banyak anak-anak yang mau bekerja keras demi mereguk sedikit pengetahuan, yang dengan mudah didapat anak-anak lain seusia mereka di lain tempat. Dengan segala kerendahan hati kami ingin kita berbagi kesempatan diatas bumi yang sama kita pijak dan langit yang sama kita pandangi.

Untuk tiap rupiah yang kami dapat akan kami jaga agar selalu amanah. Perkembangannya akan kami laporkan secara berkala melalui e-mail, posting di blog, atau dikirim via snail mail dalam bentuk hard-copy. Nggak perlu jadi blogger untuk dapat melihat senyum terkembang di wajah anak-anak ini. Siapapun: perorangan, badan, organisasi, maupun perusahaan berkesempatan melenyapkan keresahan anak-anak ini. Blogger hanya sebutan, karena kami kebetulan punya rumah virtual di dunia maya. Aslinya kami hanya manusia, sama punya mimpi, harapan, cita-cita, keinginan, seperti anak-anak di Bangsari. Jika kita berani berekspresi di dunia tanpa batas ini, mengapa tidak kita ekspresikan kebebasan berpendidikan di dunia nyata?

Bantuan dapat disalurkan melalui transfer ke rekening
Bank BCA 0751371054 a/n Much. Syaefulloh.

Untuk keterangan lebih lanjut kami bersedia dihubungi:
Pitik: 08157123875 (hadik1@gmail.com)
Ipul: 081578820013, 02199183863 (much.syaefulloh@gmail.com)
Mitha: 0818794474 (mita_ald@yahoo.com)
Iqbal: 02199562833, 081574852877 (i.prakasa@gmail.com)
Hedi
: 081311401084
Pito: 0818691666 (pitopoenya@yahoo.com) yang ini nomernya 24 jam selalu onlen.

Kami percaya bahwa ide bertebaran merdeka di udara dan siapapun bebas menghirupnya. Karena itu, gagasan yang tercetus dari desa kecil di Cilacap ini bebas untuk diaplikasikan dan diterapkan sebebasnya.

Posting tentang hal ini juga ada di tempatnya Mita, Maz Miko, Maz Ipul, Gembul, dan Maz Pitik.

Labels:

Comments:

  at: 4:03 PM, posted by Anonymous venus said...

kalian anak2 bunderan HI emang hebat2! ckckck...

ayo2 kita bantu mereka.

  at: 12:06 AM, posted by Anonymous vnz said...

Siyap!!!

  at: 1:21 PM, posted by Anonymous de said...

mugo2 manfaat. amiiiinnn.

  at: 12:30 AM, posted by Anonymous JaF said...

Insya Allah nanti tak sumbang juga pas ketemu di pestablogger atau di muktamar blogger juga boleh.. :) Tagih aja ya mas kalo ketemu di sana.. Takut lupa!

  at: 12:09 AM, posted by Blogger Bimo Septyo Prabowo said...

dukung

  at: 10:36 AM, posted by Anonymous cah bangsari said...

di bangsari pesantrennya ada 6 lo...

  at: 1:20 PM, posted by Blogger human wannabe said...

Simbok V(agina? =P):
Maz Ipul yg hebat

Om Nunuz:
mwah!

Mbok De:
amin jugaaaaaaaa

Om JaF:
makasih dah mau ditagih (=

Bimo:
makasiii...

Maz Ipul:
*blushes*
sowi, sowi
Post a Comment

<< Home