Kopi Lu Gimana?

Kalo gwa di rumah, tiap hari terjadi diskriminasi pada suguhan kopi. Bokap gwa selalu bangun paling pagi, lalu masak air dan bikin minuman panas untuk anak, istri dan dirinya sendiri. Cuma gwa yang nggak pernah dibikinin. Padahal minuman pagi--dan siang dan sore dan malam--gwa paling gampang: satu setengah sendok makan kopi diseduh dengan air mendidih satu mug. Nggak usah nakar gula karena gwa ga suka kopi manis. Gwa mau ngopi, gituloh! Bukan minum sirup karamel panas!

Sebenernya sih Si Babab bukannya diskriminasi. Tapi kayaknya beliau bete aja, kalah wibawa sama anak perempuannya dalam hal kopi-mengopi. Soalnya takaran Babab adalah 2 sendok makan kopi, 3 sendok makan (penuh!) gula, diseduh dengan air satu mug. Tapi kalo gwa udah bikin sendiri, gelas gwa yang paling aman dari gangguan seruputan lambe-lambe nggak bertanggungjawab karena nggak ada yang doyan. Biasanya Ibu yang komentar: "Siapa sih yang sudi ngembat kopi dukun kamu?!"

Tadinya gwa masih suka kopi dengan sedikit gula meski kekentalannya bisa buat luluran sebadan *berlebihan*. Tapi semua berubah sejak gwa maen ke kosnya Si Bule Belanda doyan bakwan yang gwa dampingin sebulan lebih. Waktu itu dia cuma punya bubuk kopi tanpa gula karena begitulah keluarganya ngopi. Terus gwa nyoba, dan rasanya emang beda. Lebih ngampleng. Berasa kayak abis dicium Brad Pitt gitu deh. Seger banget. Mata gwa juga melek lebih lebar jadinya.

Temen kos gwa ada yang suka menyamar: dia lebih banyak masukin krimer daripada kopi tapi pura-puranya ngopi. Katanya, gwa keren kalo lagi ngopi sambil baca buku diseling rokok. Duh... jadi pengen malu dibilang keren... *pipi merona merah*.

Sementara Kakak/Temen/Ibu/Tentor gwa di Jokja--meskipun ga tahan kafein--mesti, kudu, harus ngopi sebelum nemuin dosen pembimbing yang dia takutin banget.
"Karena kopi bikin gwa deg-degan, setidaknya gwa udah terlatih sebelum ngadep," ujarnya.

Well...
Different heads, different preferences, different reason, and different taste. Sama halnya seperti kita milih keyakinan akan apapun. Kalo gwa maksain semua orang minum kopi dukun seperti gwa, berarti gwa fanatik. Belum tentu orang yang gwa suruh minum itu tahan sama paitnya. Tapi kalo gwa ditawarin untuk nyobain kopi baru dan ternyata enak, gwa juga ga bakal nolak. Dan jika ternyata semua kopi udah gwa coba dan gwa stick to one kind of coffee, itu gwa idealis.

Ah, udah ah. Sakaw kopi jadinya...

[Berencana pergi ke Kopi Aroma dan borong sekilo untuk diriku sendiri...]

*note: image ripped from here.

Comments

FaishoL said…
Dasar Idealis ! Gak bisa diatur ! Gak ngUmum-i !
om jin said…
hohoho, kopi gag pake gula pit?
siapa takut.

udah pernah nyoba nescafe yang bungkus 50 gr belon pit?
sekali minum.
human wannabe said…
Maz Ayip:
hay... mis yu tu =P

Om Jin:
hah? nescafe? KOPI AROMA DUNK AH!
saylow said…
Kopinya, kopi apa dulu nee Pit? Mampus aja kalau kopi sorong 2 sendok makan kaga pake gula, adanya STROKE kamu hahaha, kalau eke sukanya teteeep... Kopi bali 1 sendok teh kecil (penuh) dua sendok gula (sedang) seduh pakai air panas banged setengah gelas (gelas tehnya Lik Man.) dan sebatang rokok. Edan menikmati hidup gampang banget.
saylow said…
Oh ya kalau di Jogja orang ngopi se-ember! Gelasnya Gwede (gelas es teh warung) Ngopi apa haus! hahaha
saylow said…
Aduh saya comment lagi nih inget kopi jadi inget ...Jazzcoffee dan tentunya Papyrus Corner tercinta...hiks...
saylow said…
eh ini saya lagi,...saya mo curhat nih...HALAH! hahahaha
human wannabe said…
haha! om babi mupeng jokja yax? sini... bantuin angkutin mayat! ntar pulangnya ke papirus =P
nino said…
walah..
Andy said…
Pingin pulang ke Bandung…ihiks…hiks…Kangen ngobrol sama Oom Widya…Kangen kopi Aroma…Kangen batagor riri…Kangen cendol Elizabeth…Kangen Bubur ayam…Kangen rumah makan ampera…kangen..kangen…kangen the warm of Bandung ppls…ihiks…hiks..ihiks…
hei said…
la koncomu seng kowe rodok jaim neng cedak'e asale soko pekalongan tau ngopi bareng aku diwenehi roko samsu buntelan neng deket rumah kita kae saiki neng endi ?

Popular posts from this blog

Tentang "Dikocok-kocok" dan "Keluar di Dalem"

Semacam Acak

Cerita Akhir Pekan